Pendaftaran UM-PTKIN Online 2017-2018

UM-PTKIN - Pendaftaran melalui UM-PTKIN secara Online melalui Pendaftaran untuk UM-PTKIN tahun 2017-2018 kapan Pendaftaran dilaksanakan UM-PTKIN situs UM-PTKIN.ac.id. Ujian Masuk Penerimaan Seleksi masuk Perguruan Tinggi  Keagamaan Islam Negeri jalur tertulis bisa anda ikuti bagi yang berminat karena melalui jalur masuk ini anda ikut Pendaftaran UM-PTKIN tahun ini.

Sebenarnya apa sih UM-PTKIN itu ? dari pertanyaan ini kita bisa melihat definisi yang ada
UM-PTKIN merupakan seleksi masuk Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama dibawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. 

Bisa dibilang sebagai jalur SBMPTN nya khusus Perguruan Tinggi Keislaman Negeri, ada lumayan banyak yang tergabung dalam jalur seleksi ini UIN, IAIN, dan STAIN, ini bisa dijadikan alternatif cadangan seleksi yang anda ikuti misalkan gagal jalur masuk umum lainnya, apalagi jalur ini diperuntukan untuk mereka yang ingin sekali masuk mengambil kuliah berbasis agama Islam.

Pendaftaran UM PTKIN Online 2017


Apakah dari kalian ada yang berminat mengikuti seleksi ini, menurut hasil survei yang dilakukan tim kami, ada sekitar lebih dari 150 ribu pengunjung setiap tahunnya yang mencari Informasi mengenai UM-PTKIN untuk bisa mendaftar dan mengikuti seleksi, hal ini tidak begitu mengherankan karena ada banyak juga perguruan Negeri Berbasis Islam ternama Indonesia mengisi List jalur masuk ini bagi yang berminat mendaftar anda bisa akses situs resmi um-ptkin.ac.id.

Sebelum melanjutkan beberapa informasi mengenai UM PTKIN kita akan membahas beberapa Daftara PTKIN yang ada di Indonesia supaya anda tidak salah memilih dalam proses penerimaan sesuai dengan yang ada dalam beberapa seksi informasi mengenai langsung saja disini Kuliahan.Com akan memberikan beberapa informasi lengkap secara keseluruhan terdiri dari UIN, IAIN dan STAIN yang ada diseluruh belahan Indonesia terutama PTKIN untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


Daftar UM  PTKIN Indonesia
  1. UIN Sumatera Utara Medan (www.iainsu.ac.id)
  2. UIN Sultan Syarif Kasim Riau (www.uin-suska.ac.id)
  3. UIN Ar-Raniry Banda Aceh (uin.ar-raniry.ac.id)
  4. IAIN Imam Bonjol Padang (iainimambonjol.ac.id)
  5. STAIN Malikussaleh Lhokseumawe (www.stainmal.ac.id)
  6. IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa (www.stainlangsa.ac.id)
  7. IAIN Padangsidimpuan
  8. STAIN Prof. Dr. Mahmud Yunus Batu Sangkar (stainbatusangkar.ac.id)
  9. IAIN Bukittinggi (www.iainbukittinggi.ac.id)
  10. STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah (www.staingajahputih.ac.id)
  11. STAIN Bengkalis (staibengkalis.ac.id)
  12. STAIN Meulaboh (staidirundeng.ac.id)
  13. UIN Raden Fatah Palembang (www.raden-fatah.ac.id)
  14. IAIN Raden Intan Bandar Lampung (iainradenintan.ac.id)
  15. IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (www.iainjambi.ac.id)
  16. STAIN Kerinci Jambi (www.stainkerinci.ac.id)
  17. STAIN Curup
  18. IAIN Bengkulu (iainbengkulu.ac.id)
  19. STAIN Jurai Siwo Metro Lampung (stainmetro.ac.id)
  20. STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  21. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (www.uinjkt.ac.id)
  22. UIN Sunan Gunung Djati Bandung (www.uinsgd.ac.id)
  23. IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten (iainbanten.ac.id)
  24. IAIN Syekh Nurjati Cirebon (www.iaincirebon.ac.id)
  25. IAIN Pontianak (iainptk.ac.id)
  26. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (uin-suka.ac.id)
  27. UIN Walisongo Semarang (www.walisongo.ac.id)
  28. STAIN Pekalongan (www.stain-pekalongan.ac.id)
  29. IAIN Surakarta (www.iain-surakarta.ac.id)
  30. IAIN Purwokerto (www.stainpurwokerto.ac.id)
  31. IAIN Salatiga (iainsalatiga.ac.id)
  32. STAIN Kudus (www.stainkudus.ac.id)
  33. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (www.uin-malang.ac.id)
  34. UIN Sunan Ampel Surabaya (www.uinsby.ac.id)
  35. IAIN Antasari Banjarmasin (www.iain-antasari.ac.id)
  36. IAIN Mataram (www.iainmataram.ac.id)
  37. IAIN Jember (iain-jember.ac.id)
  38. STAIN Pamekasan (stainpamekasan.ac.id)
  39. STAIN Kediri (www.stainkediri.ac.id)
  40. IAIN Tulungagung (www.iain-tulungagung.ac.id)
  41. STAIN Ponorogo (www.stainponorogo.ac.id)
  42. IAIN Samarinda (www.stain-samarinda.ac.id)
  43. IAIN Palangkaraya (iain-palangkaraya.ac.id)
  44. UIN Alauddin Makasar (www.uin-alauddin.ac.id)
  45. IAIN Sultan Amai Gorontalo (iaingorontalo.ac.id)
  46. IAIN Ambon (www.iainambon.ac.id)
  47. IAIN Manado (stain-manado.ac.id)
  48. IAIN Dato Karama Palu (iainpalu.ac.id)
  49. STAIN Pare-Pare (stainparepare.ac.id)
  50. STAIN Watampone (stainwatampone.ac.id)
  51. IAIN Palopo
  52. IAIN Kendari (stainkendari.ac.id)
  53. IAIN Ternate (iain-ternate.ac.id)
  54. STAIN Al-Fatah Jayapura (www.stain-papua.ac.id)
  55. STAIN Sorong (stain-sorong.ac.id)

Kemudian Pendaftaran bisa dilakukan secara mandiri melalui perseorangan dengan mengisi melakukan registrasi secara online untuk lebih jelas anda bisa mengikuti semua proses pendaftaran jalur masuk UM-PKTIN yang ada dibawah ini simak selengkapnya Kuliahan.Com memberikan info ini untuk calon peserta tujuan agar bisa membantu memberikan petunjuk pendaftaran berikut informasinya.


Pendaftaran UM-PTKIN Online
  1. Membayar biaya seleksi sebesar Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) hanya di Bank Mandiri, melalui Mandiri ATM, Mandiri Internet, atau seluruh Kantor Cabang Bank Mandiri. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. 
  2. Pembayaran dibuka mulai tanggal 12 Mei sampai dengan tanggal 12 Juni  pukul 15.00 WIB. 
  3. Mendaftar secara online dengan mengisi biodata peserta hingga mencetak Kartu Tanda Peserta di laman: http://um-ptkin.ac.id.
  4. Pendaftaran secara online dibuka mulai tanggal 12 Mei sampai dengan tanggal 13 Juni pukul 17.00 WIB. 
Anda juga harus memenuhi beberapa persyaratan sebelum mendaftaran jalur UM-PTKIN, karena bagi lulusan yang sudah terlalu lama tidak akan bisa mendaftar lagi, ada batas tahun kelulusan untuk seleksi ini, seperti contoh jika anda lulusan tahun 2011 tidak akan bisa lagi mendaftar jalur ini, diharapkan sebelum mendaftar membaca beberapa petunjuk pendaftaran yang ada seperti dibawah ini.


Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN.
  • Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu`adalah atau yang setara tahun 2015, 2016, dan 2017. Lulusan tahun 2014 dan 2015 harus sudah memiliki ijazah. Lulusan tahun ini harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah. 
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.  
  • Kelompok Ujian IPA dengan materi ujian (1) Potensi dan Sikap Akademik, (2) Kebahasaan, (3) Keislaman, dan (4) Ilmu Pengetahuan Alam, diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi. 
  • Kelompok Ujian IPS dengan materi ujian (1) Potensi dan Sikap Akademik, (2) Kebahasaan, (3) Keislaman, dan (4) Ilmu Pengetahuan Sosial, diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Sosial, Humaniora, dan Keagamaan. 
  • Kelompok UJian Campuran dengan materi ujian (1) Potensi dan Sikap Akademik, (2) Kebahasaan, (3) Keislaman, (4) Ilmu Pengetahuan Alam, dan (5) Ilmu Pengetahuan Sosial, diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi, bidang Sosial, bidang Humaniora dan bidang Keagamaan. 
Sudah dijelaskan diatas bahwa jalur ini memiliki kesamaan dengan SBMPTN, hanya saja untuk satu ini lebih menjurus pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, di beberapa wilayah yang ada di Indonesia, Kuliahan.Com sudah merangkum secara jelas diatas maka dapat ditarik sebuah asumsi mengenai pendaftaran UM-PTKIN cukup mudah dilakukan asal mengikuti petunjuk pendaftaran yang ada sampai selesai proses akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Sebelum mendaftar anda juga harus menyiapkan beberapa persyaratan yang telah disebutkan selanjutnya tinggal melihat jadwal apakah pendaftaran Online UM_PTKIN sudah resmi dibuka atau belum jika sudah anda bisa mengikuti semua penerimaan yang ada sesuai dengan Intruksi Pendaftaran jadi penerimaan akan dilaksanakan bulan Juni.

Dari beberapa informasi seputar Pendaftaran UM-PTKIN diatas maka dapat ditarik sebuah kesimpulan untuk melakukan pendaftaran caranya cukup mudah tinggal akses situs resmi yang ada kemudian ikuti semua proses sampai dengan selesai terus jangan lupa untuk mengikuti semua prosedur pendaftaran dan melengkapi persyaratan yang ada.

Mungkin sudah cukup jelas apa yang sudah admin uraikan diatas semoga bisa memberikan manfaat terutama bagi mereka yang ingin mendaftar UM-PTKIN Kuliahan.Com doakan semoga lulus UM-PTKIN sesuai dengan yang diharapkan tentunya murni tanpa sogokan hehe. Demikianlah sampai ketemu dipostingan lainnya terima kasih salam sejahtera untuk kita semua. Jangan lupa untuk pastikan update seputar pendaftaran PTN, PTK, PTS lainnya.