Pendaftaran Praja IPDN Online 2017-2018

IPDN - Penerimaan Pendaftaran dan Online IPDN tahun 2017-2018 simak Pendaftaran kapan Pendaftaran untuk IPDN situs ipdn.ac.id penerimaan 2017-2018 melalui Pendaftaran kapan Pendaftaran dibuka. Institut Pemerintah Dalam Negeri merupakan sekolah tinggi kedinasan dibawah kementerian Kemendagri apabila anda lulus seleksi akan diangkat sebagai CPNS dibawah kementerian dalam negeri.

Hal ini mungkin bukan menjadi rahasia umum lagi pendaftaran IPDN memang dibuka secara terbuka melalui situ resmi ipdn.ac.id dan ipdn.kemendagri.go.id, untuk pendaftaran IPDN akan dilaksanakan setiap tahun sekitar akhir tahun lebih tepat serentak dengan penerimaan CPNS umum, hanya saja untuk IPDN dibuka bagi lulus SMA/SMK Sederajat pada kesempatan yang berbahagia ini admin akan menguraikan beberapa tata cara pendaftaran IPDN melalui situs resmi.

Seperti biasa ada beberapa cara mudah untuk mendaftar sebagai Praja IPDN, sebelum melanjutkan kita akan bahas fenomena yang terjadi di dalam IPDN, ada banyak kasus perloncoan yang terjadi dalam Institut ini, beberapa tahun lalu kita dikejutkan dengan kabar mengenai tewasnya mahasiswa Praja IPDN karena aksi kekerasan yang dilakukan oleh senior lebih dikenal dengan istilah senioritas hal ini sering sekali kita dengan.

Pendaftaran IPDN Online


Mungkin ini terjadi karena IPDN merupakan salah satu sekolah tinggi kedinasan yang mengadopsi semi meliter jadi tidak heran ada banyak kekerasan yang terjadi di lingkungan IPDN, meski hal ini sering terjadi tidak menyerutkan pendaftar dan peminat sekolah tinggi kedinasan satu ini, alasan demi alasan seperti jika lulus nanti langsung bekerja dan menjadi seorang CPNS dibawah kementerian dalam negeri.

Setelah beberapa permasalahan yang kita bahas diatas, mungkin anda berminat untuk mendafftar CPNS IPDN sebagai salah satu lulusan SMA/SMK Sederajat tentu bukan hal mustahil untuk bisa diterima anda harus menyiapkan beberapa proses pendaftaran salah satu kewajiban adalah mempersiapkan persyaratan pendaftaran IPDN secara keseluruhan sebelum lanjut bagamaina cara mendaftarnya admin akan berikan informasi lengkapnya.


Persyaratan Pendaftaran Umum IPDN Online
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Usia pelamar/peserta seleksi per tanggal 1 Desember: Pelamar berusia minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal berusia 21 (dua puluh satu) tahun.
  3. Nilai rata-rata Ijazah/STTB SMA/MA minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) dengan Tahun Kelulusan yaitu tahun 2015, 2016, dan 2017.
  4. Tinggi badan pelamar pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm.
  5. Tidak bertato atau bekas tato dan bagi peserta seleksi pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat.
  6. Tidak  menggunakan  kacamata/lensa  kontak  sesuai  dengan  unsur  pemeriksaan kesehatan.
  7. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Pemerintah/Puskesmas setempat.
  8. Belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.
  9. Bersedia mentaati segala Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan; Siap  diberhentikan  jika  melakukan  tindakan  kriminal,  mengkonsumsi  maupun menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan dan pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila, berdampak hukum atau tidak.
Tidak hanya secara umum untuk peserta harus memenuhi persyaratan lainnya tentu menjadi sebuah keharusan karena dipastikan tidak akan bisa mendaftar jika tidak memenuhi persyaratan seperti tahun lalu untuk persyaratan tahun ini memang tidak begitu jauh berbeda sebab, masih hampir sama hanya saja dari nilai yang dibutuhkan setiap tahun mengalami sedikit peningkatan dari tahun sebelumnya.

Selanjutnya anda harus membaca dengan teliti apa saja yang harus disiapkan jika semua dirasa sudah cukup tinggal lengkapi berkas yang dimaksud sesuai kebutuhan dan kelengkapan yang ada jangan sampai anda ketinggalan dalam melengkapi berkas yang ada selanjutnya anda tinggal ikuti semua proses pendaftaran mulai melalui online sampai dengan pendaftaran manual ke BKD setempat berikut ini info persyaratan yang dimaksud.


Persyaratan Pendaftaran Adminitrasi IPDN.
  1. Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir.
  2. Fotocopy Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
  3. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Pemerintah : RSUD/RS TNI/RS Polri/Puskesmas Pemerintah setempat menerangkan tinggi badan, dll.
  4. Biodata Calon Peserta Seleksi.
  5. Surat Pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan yang diketahui orangtua/wali, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- .
  6. Surat Pernyataan untuk bersedia mentaati segala Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan  seluruh  biaya  pendidikan  yang  telah  dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan, diketahui orangtua/wali, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- .
  7. Surat  Pernyataan  siap  diberhentikan  jika  melakukan  tindakan  kriminal, mengkonsumsi   maupun menjual   belikan   narkoba,   melakukan   perkelahian, pemukulan  dan  pengeroyokan,  dan  melakukan tindakan  asusila,  berdampak hukum atau tidak, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,-.
  8. Pasphoto berwarna menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata dengan latar belakang warna merah berukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar, dan 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar.
  9. Persyaratan administrasi tersebut disusun rapi dan dimasukkan kedalam stofmap berwarna biru bagi pelamar pria dan stofmap berwarna merah bagi pelamar wanita. Ditujukan kepada Panitia Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN Kabupaten/Kota.
Sudah jelas kan apa saja yang harus disiapkan untuk formulir dapat di download melalui situs pendaftaran online ipdn.ac.id atau di ipdn.kemendagri.go.id selanjutnya tinggal ikuti semua petunjuk pendaftaran yang sudah ada, jika masih bingung admin akan memberikan beberapa tata cara pendaftaran yang dimaksud, ada dua tata cara pendaftaran untuk IPDN umum atau khusus daerah Papua memiliki sedikit perbedaan.

Kedua cara ini tidak jauh berbeda tetapi untuk kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai cara pendaftaran IPDN secara umum seperti yang telah dibahas sebelumnya, setidaknya cara yang digunakan sudah benar dan sesuai petunjuk pendaftaran yang ada jika anda berminta mendaftar berarti anda harus siap membaca beberapa ketentuan pendaftaran yang dimaksud untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


Pendaftaran IPDN Online.
  • Langkah pertama Pendaftaran dillaksanakan melalui situs resmi IPDN.Kemendagri.go.id bisa juga melalui IPDN.ac.id. Pengisian formulir dilaksanakan melalui online.
  • Langkah kedua Penerimaan akan dilaksanakan melalui Kota/Kabupaten melalui kantor BKD silahkan langsung menuju kantor untuk mengikuti proses pendaftaran biasanya info akan ditempel pada papan pengumuman. Ini merupakan pendaftaran awal.
  • Langkah ketiga Jika sudah natinya berkas akan dikirim ke provinsi untuk seleksi admintrasi/verifikasi sampai berkas dinyatakan layak pendaftaran pada tahap ini selesai.
  • Langkah keempat Pada tahap seleksi Provinsi anda akan mengikuti tes Psikologi, Integritas dan kejujuran, tes kopetensi dasar TKD dengan sistem CAT, Tes Kesamaptaan, Tes Kesehatan, Proses tes akan dilasanakan secara bertahap sampai selesai.
  • Langkah kelimaKetentuan Pengumuman hasil sebagai salah satu bukti bahwa lulus dengan penetuan akhir apakah anda diterima atau tidak dapat dicek melalui badan kepegawaian Provinsi anda.
  • Langkah ketujuh Ketetapan kelulusan diatas bukan menjadi akhir karena ada pengumuman akhir apakah anda dinyatakan benar-benar lulus atau tidak.
  • Langkah Terakhir Sebagai pengumuman akhir seleksi IPDN anda akan dihadapkan pada Penetapan MDN, jika sudah lulus barulah anda bisa kuliah di IPDN.
Selain dari pada itu untuk mendaftar anda harus mempersiapkan diri sesuai dengan waktu yang telah ditentukan penerimaan IPDN akan dilasakana serentak seperti yang telah dibahas sebelumnya dengan CPNS umum, hanya saja bagi yang berminta seleksi harus langsung akses infomrmasi melalui situs atau BKD setempat, berikut ini Kuliahan.Com akan memberikan juga jadawal lengkap IPDN secara rinci simak selengkapnya.


Jadwal Lengkap IPDN Online.

Pendaftaran Praja IPDN Online.
23 Agustus - 29 Agustus


Dari beberapa informasi yang telah dibahas diatas maka dapat ditarik sebuah kesimpulan pendaftaran IPDN dilaksanakan melalui online atau anda juga bisa langsung datang ke BKD setempat dan mengikuti proses pendaftaran sampi tingkat provinsi jika dibutuhkan,, penerimaan akan dibuka secara serentak melalui online dari kota dan kabupaten yang ada di Indonesia selain itu jika anda berminta ingin mengikuti seleksi anda harus melengkapi persyaratan pendaftaran IPDN yang ada.

Jangan sampai apa yang sudah kalian usahakan sia-sia, tidak ada yang bisa menjamin kelulusan selain hasil tes yang memadai penerimaan IPDN terbuka dan transparan jika ada KKN segera laporkan ke KPK, admin doakan semoga apa yang sudah diperjuangkan membuahkan hasil sesuai yang diharapkan, demikianlah semoga bisa memberikan manfaat apa yang sudah admin berikan jika terdapat kesalahan admin akan perbaharui sesuai dengan terupdate pastikan tetap membaca petunjuk pendaftaran IPDN melalui situs ini.