Pendaftaran AKPOL Online 2017-2018

AKPOL - Melalui Pendaftaran dan Penerimaan khusus Polri melalui Online tahun 2017-2018 simak AKPOL melalui Pendaftaran diharapakan Online khusus Akpol kapan Pendaftaran dibuka Online. Akademi Polisi merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang memiliki beberapa ketentuan salah satu adalah apila dinyatakan lulus akan langsung mengikuti pendidikan dan sekolah untuk disiapkan menjadi perwira khusus Polisi, untuk penerimaan dan pendaftaran dibuka bagi lulusan SMA/SMK atau sederajat SLTA berminat mengikuti seleksi simak saja pendaftaran dibawah ini.

Berdasarkan keputusan pemerintah melalui badan Polri setiap tahun AKPOL menerima bukaan untuk seleksi calon taruna/i terbai indonesia diharapkan dapat memimpin kepolisian RI hal ini sejalan dengan tujuan dari pada lembaga penegak hukum ini, diharapkan Indonesia menemukan calon penerus bangsa yang dapat sepenuhnya mebangun dan mengembangkan ide dari satu gagasan dibawah naungan polri, tujuan dari penerimaan Taruna/i adalah mencari Putra-Putri terbaik Indonesia.

Tidak hanya itu bagi yang berminat harus memenuhi persyaratan baik secara umum maupun khusus terlebih untuk bisa menjadi seorang perwira Polisi tidak gampang dan harus melewati seleksi panjang dan ketat, jika dilihat dari data setiap kota pada setiap tahun setidaknya ada sekitar lebih dari 2000 peserta dari polda yang ada di seluruh Indonesia dari jumlah itu hanya sekitar 5 saja yang akan mengikti seleksi pusat dan dikumpulkan perwakilan daerah yang terpilih hanya sekitar 10 orang dari seluruh Indonesia.


Bukan hal yang mudah, meski sulit masih bisa dilakukan jika seseorang memiliki tekat yang kuat untuk mengikuti seleksi AKPOL, karena pasti ada peluang untuk mereka yang bersungguh-sungguh berusaha mempertahankan setiap usaha dan doa, bagaimana berminat untuk mengikuti seleksi AKPOL untuk melanjutkan proses pendaftaran anda harus mengikuti beberapa ketetapan yang berlaku seperti persyaratan baik umum maupun khusus seperti dibawah ini secara rinci dan jelas simak saja berikut dibawah ini bagi yang ingin mendaftar harus melengkapi beberapa ketetapan seperti dibawah ini.

Persyaratan Umum Akpol 
  1. Warga Negara Indonesia (pria atau wanita).
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
  4. Pendidikan paling rendah SMU / sederajat.
  5. Usia min 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota polri).
  6. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan).
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat.
  8. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
  9. Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.
Selain persyaratan umum Akpol memiliki beberapa persyaratan khusus yang wajib dipenuhi karena jika tidak anda tidak bisa mengikuti seleksi khusus pendaftaran Akpol apa saja seperti apa beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi dapat anda download melalui situs resmi Polri kemudian untuk mengikuti semua petunjuk pendaftaran yang dimaksud harus mengisi formulir atau blangko yang telah disiapkan, beberapa persyaratan yang dimaksud adalah seperti yang tertera dibawah ini secara jelas dan lebih rinci dibawah ini berikut informasinya.

Persyaratan Khusus Akpol
  1. Silahkan mengisi berkas persyaratan dibawah ini kemudian cetak dan diserahkan ke Panda/Sub Panda/Pandabanrim dengan Jumlah rangkap 4.
  2. Khusus surat permohonan menjadi anggota Polri ditulis dengan tinta warna hitam diatas kertas Folio bergaris bermatrai Rp. 6000,-. Ditulis sendiri oleh pelamar.
  3. Menggunakan Huruf balok tanpa coretan/dihapus jika belum jelas harap menghubungi Panda/Sub Panda/Panbanrim.
  4. Surat permohonan menjadi Anggota Polri.
  5. Fotocopy + Legalisir Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir.
  6. Fotocopy + Legalisir Ijasah/STTB SD, SMP, SMA, D-III, D IV, S1/S2.
  7. Surat keterangan berbadan sehat yang dikelurkan dari Institusi kesehatan resmi milik pemerintah (diluar kesehatan Polri).
  8. Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).
  9. Fotocopy + Legalisir KTP dan KK.
  10. Surat persetujuan orang tua wali.
  11. Surat Pernyataan Belum Pernah Menih.
  12. Daftar Riwayat Hidup.
  13. Surat Perjanjian Ikatan Dinas Pertama Anggota Polri.
  14. Surat Pernyataan tidak terikat oleh suatu perjanjian ikatan dinas.
  15. Surat Pernyataan orang tua/wali.
Untuk bisa melakukan pendaftaran Akpol calon peserta harus mempersiapkan beberapa penerimaan dan pendaftaran sesuai petunjuk yang dimaksud saat ini untuk pengisian formulir ada beberapa yang menggunakan online seperti yang kita ketahui bahwa diakukan melalui online dengan mengikuti semua petunjuk pendaftaran dari mulai mengisi asal polda sampai dengan selesai semua proses harus diselesaikan jika sudah barulah kirim dan cetak kartu peserta, berbeda dengan tahun 2010 an yang belum menggunakan sistem online sekarang semua sudah menggunakan sistem online.

Mulai dari pendaftaran jika semua formulir dan pendaftaran online selesai baru berkas diserahkan ke panitia seleksi sebelum pada proses tersebut harus mengikuti setiap langkah pendaftaran dan pengisian formulir online seperti yang dimaksud, untuk lebih jelas bagi yang belum mengerti tata cara pendaftaran secara online Akpol harus disiapkan dengan beberapa ketetapan seperti yang telah dijelaskan rinci berikut dibawah ini informasi lengkapnya mengenai cara pendaftaran online akpol selengkapnya.


Tata Cara Pengisian Formulir Pendaftaran Online Akpol.
  1. Buka situs Penerimaan.Polri.or.id 
  2. Pilih Rekrutmen "Akpol" kemudian ikuti semua petunjuk pendaftaran
  3. Lanjut pada "Daftar" ada beberapa berkas yang harus diisi.
  4. Formulir Asal Polda dll.
  5. Isi Data Diri
  6. Isi data pendidikan anda.
  7. Isi data orang tua/wali.
  8. Buat Password sampai dengan isi capta kemudian yang terakhir kirim berkas.
  9. Selanjutnya jika semua proses ini sudah dilaksanakan dengan benar maka tahap selanjutnya adalah cetak semua formulir yang telah dikirim.
Jika semua berkas online sudah di isi dengan benar dan dikirim barulah lengkapi bersama dengan persyaratan untuk diserahkan masukan dala map sesuai ketentuan yang berlaku setelah itu serahkan berkas agar bisa di verifikasi jika terbukti ada yang kurang maka berkas akan dikembalikan sebaliknya jika dianggap cukup tahap berikutnya adalah ikuti ukur tinggi badan dan berat badan kemudian yang bersangkutan akan menerima kartu tanda tes, untuk jadwal tes yang dimaksud akan diumumkan melalui polda tempat anda mendaftar.

Dari beberapa informasi yang sudah dijelaskan maka dapat ditari sebuah kesimpulan untuk bisa mendaftar Akpol anda harus dinyatakan memenuhi persyaratan baik secara umum, khusus maupun lain-lain kemudian selain mendaftar langsung melalui panitia seleksi anda harus mendaftar secara online melalui situs resmi Penerimaan.Polri.go.id setelah semua berkas sudah selesai di sesuaikan barulah bisa mengikuti semua petunjuk pendaftaran yang dimaksud serahkan berkas langsung ke panitia. Info Jadwal pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi penerimaan.polri.go.id sudah mulai dibuka.

Jika terbukti ada yang kurang anda berkas pendaftaran akan dikembalikan sebaliknya seandainnya sudah lengkap dan lulus verifikasi berkas calon Taruna/i dipastikan bisa mengikuti semua prosedur pendaftaran yang dimaksud dengan ditandai menerima kartu perserta tes Akpol untuk jadwal dan ketentuan akan diumumkan melalui situs yang tertera seperti yang kita ketahui diata beberapa jadwal yang sudah dijelaskan sebagai salah satu petunjuk kapan pelaksanaan pendaftaran dilaksanakan secara online sampai dengan selesai.