Pendaftaran AKPOL 2017-2018

AKPOL - Pembukaan Pendaftaran AKPOL melalui Online tahun 2017-2018 simak pendaftaran untuk AKPOL secara Online situs Penerimaan.Polri.go.id perwira lulusan SMA/SMK sederajat rekrutmen Polisi dan Polri kapan Online. penerimaan polisi akan dilaksanakan setiap tahun pada awal tahun. Selain itu bagi yang ingin mengikuti seleksi harus memenuhi persyaratan yang ada seperti yang telah ditulis di situs resmi Polri.go.id.

Info pendaftaran khusus AKPOL tentu menjadi sangat diminati oleh pencari pekerjaan terutama bagi lulusan SMA/SMK sederajat setiap tahun rekrutmen dibuka jika anda ingin mengikuti seleksi harus cek pendaftaran melalui Polda setempat dikira Anda. Penerimaan AKPOL saat ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya jika tahun 2010 masih menggunakan sistem formulir manual langsung datang dan mendaftar, berbeda sekarang karena sudah menggunakan sistem online semua.

Hal ini dinilai memberikan dampak positiv bagi peserta karena bisa mengisi formulir pendaftaran dirumah atau tempat lainnya. Jika semua sudah dirasa cukup seperti pengisian formulir sampai dengan persyaratan lengkap barulah menyerahkan berkas ke POLDA. Intinya pendaftaran AKPOL saat ini jauh lebih gampang. Sedikit cerita pengalaman tahun 2010 lalu saat admin ikut seleksi penerimaan masih manual tetapi yang paling tidak mengenakan adalah harus berdesak-desakan dan antri panjang hanya untuk mengambil formulir pendaftaran melalui Polda asal pendaftar. Setiap tahun jika dilihat dari jumlah pendaftaran mengalami  kenaikan setiap tahun.

Pendaftaran AKPOL 2017-2018

Jika dirata-rata pada tahun 2010 saja di kota Palembang melalui Polda setempat pendaftaran AKPOL lebih dari 2000 peserta meski yang diterima sedikit hanya sekitar 10 orang saja untuk tahap awal sampai dengan pantohir daerah karena jumlah ini belum final sebab ada seleksi tahap 2 untuk nasional dimana semua peserta dari daerah asal  akan kembali berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. 


Dari jumlah peserta rangking sepuluh besar yang akan diterima. Tidak sampai disini saja karena sistem seleksi juga Banyak simpang siur sebab ada banyak sekali iming-iming yang berbau KKN sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk lulus AKPOL harus nyo gol 300 - 500 juta. Entah dari mana asal info ini mungkin dari oknum Polisi. Apapun yang terjadi kita harus berusaha berfikir bahwa pasti ada jalan untuk yang bersungguh-sungguh.

Tetapi dengan tegas bahwa Polri menyampaikan untuk seleksi AKPOL tidak dipungut biaya alias gratis, masih ada peluang untuk lulus murni asalkan Anda bisa menjadi yang terbaik dari yang terbaik jaminan untuk lulus AKPOL terbuka lebar. Tetap optimis sudah banyak contoh yang ada bahwa tidak semua yang lulus menggunakan uang tetapi dengan syarat mengikuti semua proses seleksi yang ada. Pada akhirnya yang berkualitaslah yang akan bertahan dan menjadi pemenang.

Ada beberapa ketentuan yang berlaku untuk mendaftar AKPOL jika anda lulusan SMA/SMK sederajat tentu sudah menjadi modal untuk memenuhi persyaratan yang ada, untuk lebih jelas simak pendaftaran melalui situs resmi, nah simak selengkapnya dibawah ini mengenai persyaratan ada dua pertama mengenai Persyaratan secara umum untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini lebih rinci.

Persyaratan Pendaftaran AKPOL Online.
  1. Warga Negara Indonesia (pria atau wanita).
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
  4. Pendidikan paling rendah SMU / sederajat.
  5. Usia min 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota polri).
  6. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan).
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat.
  8. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
  9. Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.
Jika diatas merupakan beberapa poin persyaratan pendaftaran maka dipastikan akan ada beberapa poin lain yang harus diperhatikan jika anda dinyatakan memenuhi persyaratan maka dipastikan anda bisa mengikuti seleksi tetapi sebaliknya jika anda tidak memenuhi persyaratan umum maka tidak akan bisa melanjutkan pendaftaran dan memenuhi persyaratan khusus, tetapi sebaliknya jika sudah memenuhi persyaratan maka dipastikan anda bisa mendaftarkan diri secara online untuk melengkapi persyaratan khusus untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


Persyaratan Khusus Pendaftaran AKPOL Online.
  • Usia minimal 17 tahun, maksimal 21 tahun.
  • Untuk persyaratan nilai kelulusan tahun 2012, 2013, 2014 dan 2015 dengan nilai hasil ujian akhir nasional (HUAN) untuk IPA dan IPS min 6,5 (enam koma lima).
  • Berijazah serendah-rendahnya smu/madrasah aliyah jurusan ipa/ips dengan ketentuan bagi lulusan tahun 2015 (yang masih kelas iii) menggunakan nilai rata-rata rapor kelas III semester 1 (semester terakhir) dengan ketentuan : nilai rata-rata minimal 72,50 (tujuh dua, lima nol) Setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dengan nilai un min 72,50 (tujuh dua kma lima nol).
  • Bukan merupakan lulusan program pendidikan kesetaraan paket A, paket B dan paket C: tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) : pria ttk dua 165 (seratus enam puluh lima) cm wanita ttk dua 163 (seratus enam puluh tiga) cm.
  • Berdomisili di wilayah polda tempat pendaftaran minimal 1 (satu) thn terhitung pada saat buka dik yg dibuktikan dgn ktp dan/atau surat keterangan dari kepala desa/kelurahan setempat dan kk atau ijazah/sttb/rapor terakhir (kecuali peserta dari sma taruna nusantara dan smat krida nusantara).
  • Belum pernah nikah , sanggup tidak menikah/kawin selama dalam pendidikan akpol , belum pernah melahirkan bagi catar wanita dan belum pernah punya anak kandung/biologis bagi catar pria.
  • Bersedia menjalani ikatan dinas pertama (idp) min selama 10 (sepuluh) thn tmt diangkat menjadi Tar Akpol.
  • Memperoleh persetujuan dari ortu/wali.
  • Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dgn instansi lain.
  • Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan : mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan, bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan , bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan taruna akpol.
  • Bagi yang memiliki prestasi di tingkat provinsi/nasional/internasional agar dilampirkan sertifikatnya untuk dijadikan pertimbangan dalam penentuan kelulusan.
  • Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian tingkat Panda dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut : pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap I, pemeriksaan dan pengujian psikologi, pengujian akademik, yang meliputi : Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, Matematika (IPA dan IPS), pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk Keswa), pengujian kesamaptaan jasmani dan antropometri, pendalaman PMK, pemeriksaan administrasi akhir, sidang terbuka kelulusan tingkat panda.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah negara kesatuan republik indonesia (NKRI).
  • Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian tingkat Panpus dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut : sistem gugur meliputi : rikmin, rikkes, rik psi wawancara dan pendalaman pmk, uji jasmani dan antropometri, sistem ranking, uji tpa dan toefl, pemeriksaan penampiln, Sidang Terbuka Kelulusan Tingkat Akhir Panpus.
Jika anda berminta anda dapat mengakses situs resmi Penerimaan.Polri.go.id kemudian pilih rekutmen AKPOL untuk lulusan SMA/SMK Sederajat, D1, D2, D3 lulusan jika anda bingung segera isi formulir pendaftaran melalui link berikut http://penerimaan.polri.go.id/form_registrasi/1 selanjutnya pendaftaran akan dilaksanakan melalui online ada beberapa langkah dalam proses pendaftaran seperti yang akan dijelaskan dibawah ini secara rinci dalam pengisian formulir pendaftaran AKPOL Online.


Tata Cara Pendaftaran AKPOL Online Pengisian Formulir.
  1. Buka Link Penerimaan Polri pilih Rekutmen AKPOL kemudian klik link pengisisn formulir pendaftaran berikut http://penerimaan.polri.go.id/form_registrasi/1.
  2. Isi formulir pendaftaran pada awal asal polda, Poltabes, Polres daerah tempat anda mendaftar.
  3. Lengkapi Persyaratan Identitas Diri sesuai dengan tanda pengenal yang digunakan pada saat pengisian data.
  4. Pengisian Formulir mengenai latar belakang pendidikan anda dan pilih sumber rekutmen AKPOL.
  5. Jangan lupa untuk mengisi lengkap data orang tua anda, Ayah, Ibu atau Wali.
  6. Jika semua dirasa benar maka anda harus mengisi capta sebagai kompirmasi data kemudian ceklist persetujuan syarat dan ketentuan yang berlaku jangan lupa buat pasword baru dan kompirmasi pasword.
  7. Klik "Daftar" jika semua data dirasa sudah cukup dan benar.
  8. Cetak formulir pendaftaran jika sewaktu-waktu ingin login silahkan gunakan pasword dan user yang sudah dibuat. Proses pengisian formulir pendaftaran online AKPOL Selesai.
Demikianlah informasi mengenai pendaftaran untuk jadwal pendaftaran akan dibuka pada tanggal yang telah ditentukan oleh situs penerimaan.polri.go.id silahkan cek jadwal akan diperbaharui setiap waktu sesuai kebutuhan dan tanpa sepengahuan apakah diperpanjang atau malah dipersingkat tergantung kuota pendaftaran, selanjutnya semua berkas yang telah diisi diserahkan ke panitia seleksi tempat anda mendaftar barulah setelah berkas awal diterima anda bisa ikut seleksi.

Jadwal lainnya akan diumumkan secara lengkap oleh panitia seleksi setelah penerimaan dinyatakan memenuhi verifikasi data, jika anda lulus sampai selsai baru anda akan mengikuti pantoher daerah dan dikirim ke pusat akan berkompetisi menjadi yang terbaik dari yang terbaik, meski sedikit pendaftar setiap kota, dalam setiap tahun selalu meningkat lebih dari 2000 orang siap merebutkan posisi sedikit untuk AKPOL.

Apapun hasil dari sebuah usaha percayalah bahwa tidak ada usaha yang sia-sia karena pasti membawa hasil minimal mendapatkan pengalaman dan tidak mengulang kegagalan yang terjadi, peluang untuk lulus murni pun terbuka lebar, syaratnya seperti yang telah dijelaskan bahwa anda harus menjadi yang terbaik itu saja semoga bisa memberikan manfaat sampai jumpa dipostingan selanjutnya.