SNMPTN.ac.id 2017-2018

SNMPTN - Info Pendaftaran melalui Online khusus SNMPTN tahun 2017-2018 simak Pendaftaran situs SNMPTN.ac.id selengkapnya 2017-2018 kapan Pendaftaran dilakukan SNMPTN menyeluruh. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi umum menggunakan sistem Undangan dimana sekolah mengusulkan siswa/i berprestasi kepada kampus pilihan tujuannya agar bisa kuliah di PTN tujuan.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mendaftar dan memperloh kartu peserta SNMPTN, seperti sekolah melalui pegawai atau kepala sekolah langsung mendaftarkan diri melalui Online dengan cara mengisi verifikasi data Pusat Data Sekolah dan Siswa (PDSS SNMPTN) yang ada pada situs SNMPTN.ac.id tidak banyak yang bisa dilakukan mengupload semua hasil rapot setelah itu dikirim melalui online jika semua sudah selesai baru menunggu proses selanjutnya.

Disinilah bedanya pendaftaran SNMPTN tidak bisa dilakukan secara perseorangan oleh siswa langsung, dengan kata lain jalur SNMPTN merupakan seleksi hanya untuk mereka yang berprestasi dan mendapatkan rekomendasi dari sekolah, selebihnya tidak bisa mendaftar untuk bisa kuliah harus ikut seleksi jalur selain SNMPTN, tetapi pada kesempatan kali ini Warni tidak akan membahas mengenai hal tersebut melainkan poin utamanya adalah SNMPTN.
Pendaftaran SNMPTN Online

Tentu sudah banyak yang mengetahui bagaimana cara untuk mendaftar SNMPTN secara online, jika semua berkas awal pengajuan dari sekolah sudah selesai maka tahap selanjutnya adalah kepala sekolah atau yang mewakili akan menerima NISN dan Password yang sudah terdapat selanjunya barusalah siswa yang bersangkutan melakukan login SNMPTN yang sudah diberikan, kemudian mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan petunjuk pendaftaran.

Selain melakukan pendaftaran antara sekolah dan siswa tidak jarang, sekolah tertentu langsung melakukan pendaftaran sampai selesai jadi siswa tidak susah payah lagi untuk melakukan pendaftaran karena sudah dilakukan oleh sekolah bisa dibilang terima bersih, taunya ikuti seleksi dan menunggu hasilnya, apapun proses yang dilakukan tentu semua kemungkinan harus dipersiapkan secara rinci dan jelas supaya tidak menimbulkan kekeliruan atau kebingungan dalam proses pendaftaran.

Untuk daya serap dari masing-masing sekolah panitia seleksi SNMPTN menetapkan sekolah yang berhak menerima kuota terbanyak adalah mereka yang memiliki akreditasi sangat baik seperti contoh jika sekolah tertentu memiliki akreditasi A maka daya serap atau kuota yang tersedia lebih besar mencapai 75 %, begitu juga selanjutnya untuk sekolah yang memiliki akreditas B kuota tersedia sekitar 50 % selanjutnya untuk sekolah C bisa mencapai 25 persen, bagi sekolah yang belum terakreditasi masih mendapatkan jatah sekitar 5 %. Semua sekolah kebagian kuota pengiriman hanya saja semakin tinggi akreditasi akan mendapatkan jatah lebih banyak begitu juga sebaliknya untuk yang akreditasi rendah sedikit kebagian kuota.

Seperti biasa Warni akan memberikan mengenai jalur masuk dan pilihan PTN untuk mengikuti seleksi SNMPTN apa saja, seperti kebanyakan perguruan tinggi negeri dimana yang terdaftar di SNMPTN merupakan kampus dengan kriteria memiliki peserta ramai, dan sudah memiliki akreditasi baik setidaknya dalam katagori Institut, Unversitas, PTKIN, untuk lebih jelas Warni akan mambahasnya dibawah ini seputar Jalur seleksi SNMPTN.


1. Pendaftaran PTN SNMPTN Online

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa SNMPTN merupakan jalur seleksi untuk perguruan tinggi negeri tanpa terkecuali hanya saja tidak semua PTN masuk dalam daftar peserta dan terdaftar di SNMPTN sebab ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebagai salah satu peserta SNMPTN tidak hanya cukup sampai pada PTN Saja harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebab ada lumayan banyak yang belum tergabung dalam sistem SNMPTN meski berstatus PTN jadi sebelum anda ikuti seleksi ada baiknya cek dulu daftar PTNnya melalui situs www.snmptn.ac.id.


2. Pendaftaran Bidik Misi SNMPTN Online.

Bidik Misi mungkin sudah banyak yang faham seperti dan program untuk siapa, Beasiswa Bidik Misi perupakan program dari DIKTI diberikan kepada mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu tetapi memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik, memiliki motivasi belajar tinggi dan berkeinginan keras untuk bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri, nanti jika diterima peserta akan menerima beasiswa selama 8 semester full 100 % ditanggung pemerintah, dibayar setiap bulan atau persemester termasuk biaya hidup. Mengapa disebut Bidik Misi SNMPTN karena sistem seleksi yang dipilih, jika anda lulus SNMPTN baru bisa menerima beasiswa. Info Pendaftaran dapat diakses melalui Bidikmisi.Dikti.go.id.


3. Pendaftaran PTKIN SNMPTN Online.

Tidak hanya PTN saja yang tergabung dalam seleksi SNMPTN tetapi PTKIN sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri juga turut ambil bagian dalam seleksi ini, meski memiliki jalur tersendiri beberapa PTKIN ternama yang ada di Indonesia juga terdaftar dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, meski hanya beberapa saja dari sekian banyak PTKIN, lebih pada katagori UIN, dan IAIN saja untuk STAIN belum masuk SNMPTN. Untuk pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi www.snmptn.ac.id.

Semua jalur masuk yang dibuka dan tergabung dalam SNMPTN dapat diakses melalui situs resmi SNMPTN, semua ini akan bergantung pada proses pendaftaran, jika dilihat dari informasi yang telah dijelaskan maka dapat ditarik sebuah kesimpulan pendaftaran SNMPTN tidak bisa dilakukan secara perseorangan karena yang berhak menentukan adalah pihak sekolah, jika sudah barulah siswa memiliki wewenang untuk melakukan pengisian data.

Beberapa ketentuan yang telah disebutkan juga menjadi sebuah hal baku yang tidak bisa diganggu gugat, tetapi diluar dari pembahasan tersebut ada sebauh pertanyan apakah SNMPTN bisa diikuti oleh peserta lulusan tahun kemarin, jawaban dari semua itu adalah Iya bisa asal tidak melebihi 3 tahun terkahir terhitung tahun ini, selanjutnya harus kembali mendapatkan rekondasi dari sekolah meski berstatus alumni sekolah, tetapi kebanyakan sekolah tidak mau merekomendasikan yang lama karena sudah dianggap gagal kecuali dengan alasan tertentu. Semua bergantung dan kembali kepada sekolah asal. Terima Kasih.