Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Terbaru 2017-2018

Bidikmisi.Dikti.go.id - sesuai Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id melalui RistekDikti.go.id dan ristek.go.id secara Online tahun 2017-2018 Pendaftaran Untuk Bidik Misi khusus Beasiswa di Indonesia atau Diploma dan Sarjana Menarik sekali jika kita membahas mengenai Bidik Misi karena beasiswa ini terbukti telah sukses menyekolahkan mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu agar tetap bisa kuliah, selain itu tidak hanya biaya pendidikan saja yang ditanggung tetapi biaya hidup dan kebutuhan lainnya juga menjadi tanggung jawab Bidik Misi sebagai pemberi Beasiswa mulai dari biaya hidup, biaya kost sampai dengan uang buku diberikan, adapun pemberian beasiswa disesuaikan dengan ketentuan kampus.

Ada yang diberikan 6 bulan sekali, ada juga setiap bulan tetapi yang terbaru ini adalah beasiswa bidik misi diberikan setiap bulan dengan langsung masuk ke tabungan yang dimiliki, jenis buku tabungan adalah BNI sebagai Patner Beasiswa Bidik Misi, hanya saja transaksi dalam sehari tidak boleh melebihi limit 1 juta apabila penarikan lebih dari 1 juta maka atm dan tabungan akan otomatis diblokir oleh kampus, memang menarika sekali jika membahas mengenai Bidik Misi.

Hanya saja untuk mendapatkanya tidak mudah diperlukan proses panjang dan melelahkan dari mulai tahap sekolah sampai dengan pendaftaran sendiri selain itu proses pendaftaran Online beasiswa bidik misi lumayan rumit karena harus memberikan data yang sangat lengakap, tetapi diiringi tekat kuat sesuatu yang sulit akan terasa lebih mudah. Nah berminat mengikuti pendaftaran beasiswa Bidik Misi caranya cukup mudah anda tinggal mengakses situs resmi Bidikmisi.Belmawa.Ristekdikti.go.id dan mengikuti semua petunjuk yang ada didalamnya.

Jika anda masuk dan mengakses situs resmi Bidikmisi.Dikti.go.id atau daftar.bidikmisi.dikti.go.id ada beberapa ketentuan yang bisa dilihat mulai dari fitur Masyarakat, Sekolah, Siswa/Alumn, dan Mahasiswa, untuk peserta baru yang mengikuti program bidik misi tentu bertanya-tanya untuk apa fitur yang ada dan bagaimana menggunakan serta apa manfaat dan bagaimana cara untuk mendaftar beasiswa bidik misi tersebut. Sebagai salah satu penyedia informasi pendaftaran Bidik Misi khusus Beasiswa sekaligus menjawab semua pertanyaan tersebut disini Pendaftaran.Net akan memberikan petunjuk manfaat fitur tersebut terlebih dahulu.


Fitur Masyarakat

Fitur masyarakat ini dapat digunakan untuk melihat data siswa pendaftar bidik misi sesuai dengan Provinsi, Kota, Sekolah, dan tahun beasiswa selain itu anda juga dapat melihat data Siswa direkomendasikan, siswa mengikuti seleksi, siswa sedang dicalonkan dan siswa telah ditetapkan, sesuai denga jumlahnya untuk mengakses fitur ini silahkan masukan beberapa poin yang dimaksud setelah itu klik lihat data siswa barulah akan keluar apa yang dicari, fitur ini berfungsi untuk mengecek data yang telah masuk melalui situs Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id untuk lebih jelas anda dapat melihatnya pada gambar dibawah ini.



Fitur Sekolah

Fitur ini memberikan keterangan tentang sekolah untuk melihat apakah tempat sekolah yang dimaksud sudah terdaftar atau belum, fitur ini digunakan untuk pihak sekolah memastikan dua hal pertama Sekolah yang sudah terdaftar akan mendapatkan akun login pihak sekolah bisa mengakses melalui fitur sudah terdaftar, yang kedua adalah fitur untuk sekolah yang belum terdaftar sebagai peserta Bidik Misi digunakan pihak sekolah untuk mendaftarkan sekolah asal, biasanya pendaftaran dibuka pada akhir tahun bulan Desember setiap tahun, yang berwenang mendaftarkan sekolah adalah kepala sekolah atau pihak sekolah yang telah dipercaya, untuk lebih jelas dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini.



Fitur Siswa/Alumni

Fitur ini digunakan siswa untuk melakukan pendaftaran atau melakukan login ada dua cara yang diberikan Bidik Misi untuk bisa memaksimalkan fitur ini pertama siswa yang bersangkutan sudah didaftarkan oleh sekolah dan mendapatkan No Pendaftar, Kode Akses Siswa sesuai tahun pendaftaran ini hanya untuk mereka yang sudah direkomendasikan sekolah kemudian bisa melakukan login masuk, tetapi bagi yang belum terdaftar atau tidak mendapatkan rekomendasi sekolah juga bisa mengakses fitur ini dengan mendaftar Pribadi cukup dengan klik daftar pribadi kemudian klik Asal Sekolah lalu klik nomor induk di sekolah klik proses selanjutnya. Fitur yang kami maksud pada dilihat lengkap pada gambar dibawah ini.



Fitur Mahasiswa

Fitur Mahasiswa digunakan untuk mahasiswa yang sudah terdaftar beasiswa bidik misi manfaat dari panel ini adalah anda dapat melakukan pengecekan status pencarian dengan klik cek status pencarian yang berisi mengenai data penerimaan Beasiswa Bidik Misi yang diinginkan, untuk lebih jelas dapat dilihat dibawah ini secara rinci dan jelas.


Dalam tahap awal proses pendaftaran beasiswa bidik misi dapat mengikuti semua petunjuk pendaftaran yang ada seperti yang telah dijelaskan, selain itu setiap tahun sosialisasi bidik misi terus dilakukan oleh KemenRistekDikti melalui Pengelolah Perguruan Tinggi kemudian akan diteruskan melalui dinas pendidikan provinsi dan kabupaten serta kota yang ada di seluruh Indonesia selanjutnya yang berwenang menyampaikan informasi tersebut adalah kepala sekolah SMA dan Sederajat kepada siswa yang bersangkutan.


Nantinya pihak sekolaha akan memberikan penjelasan kepada siswa jadi bagi siswa yang berminat mengikuti program beasiswa bidik misi ini bisa menanyakan langsung  ke sekolah tempat dimana anda sekolah selanjutnya yang berhak menentukan apakah seorang siswa layak mendapatkan beasiswa bidik misi atau tidak tergantung dari sekolah karena rekomendasi atas nama siswa yang akan dijadikan pendaftaran. Tetapi bagi yang merasa berhak menerima beasiswa dan memenuhi persyaratan penerima beasiswa tetapi tidak mendapatkan remondasi tidak usah kwatir karena masih bisa melakukan pendaftaran secara pribadi tanpa perantara sekolah dengan catatan sekolah sudah terdaftar sebagai peserta Beasiswa Bidik Misi.

Hanya saja yang perlu diperhatikan untuk melakukan pendaftaran pribadi harus memenuhi persyaratan sebagai bentuk keharusan yang harus dipenuhi apa saja persyaratan untuk penerima beasiswa Bidik Misi berikut ini adalah beberapa informasi lengkap dikutip dari situs resmi Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id sesuai dengan ketentuan Kemenristek Dikti terbaru.

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2017.
  2. Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi.
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria.
  5. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM).
  6. Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya ;
  7. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per bulan. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau.
  8. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya.
  9. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  10. Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.
  11. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan PTN dengan pilihan seleksi masuk: Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN), Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN,PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.
Setelah melihat beberapa persyaratan pendaftaran Beasiswa Bidik Misi tentu anda bertanya-tanya bagimana secara jelas pendaftaran bisa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan rincinya nah disini Pendaftaran.Net juga akan memberikan uraian mengenai tata cara pendaftaran yang harus dilkaukan apakah anda peserta Bidik Misi yang direkomedasikan atau mendaftar secara pribadi untuk lebih jelas simak saja dan ikuti seperti dibawah ini.

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Online.

Tata cara pendaftaran Bidikmisi melalui SNMPTN, PMDK Politeknik atau Seleksi Mandiri perguruan tinggi secara daring adalah sebagai berikut.
  1. Tahapan pendaftaran Bidikmisi a. Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi ke http:// bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/ dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 2 bagian F) untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah. b. Ditjen Belmawa memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja. c. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui http:// bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/login menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi d. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing masing siswa yang sudah direkomendasikan e. Siswa mendaftar melalui laman http:// bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta didalam sistem pendaftaran.
  2. Siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran bidikmisi mendaftar seleksi nasional atau mandiri yang telah diperoleh sesuai ketentuan masing-masing pola seleksi melalui alamat .berikut. a. SNMPTN melalui snmptn.ac.id. b. SBMPTN melalui sbmptn.or.id. c. Seleksi Mandiri PTN sesuai ketentuan masing-masing PTN. d. Seleksi Mandiri PTS sesuai ketentuan masing masing PTS.
  3. Siswa yang mendaftar, melengkapi berkas dan dibawa pada saat pendaftaran ulang seleksi masuk. 1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi, 2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah, 3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah, 4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah, 5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah, 6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah, 7. Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Beasiswa Siswa Miskin (BSM), 8. Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat, 9. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga, 10. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.
Tidak hanya pendaftaran secara online saja yang bisa dilakukan untuk bisa melakukan pendaftaran beasiswa bidik misi tetapi ada juga pendaftaran semi online atau bisa melalui pendaftaran beasiswa bidik misi offline pada pembahasan kali ini permasalahan dibatasi hanya pada pendaftaran Beasiswa Bidik Misi yang dilaksanakan secara online saja selebihnya anda pada membaca pendoman pendaftaran lengkap melalui syarat pendaftaran lengkap yang dapat didowload melalui link berikut ini http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/siswa/default/login klik Lebih Lengkap pada keterangan pendaftaran.

Semua informasi yang telah didaftarkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pendaftar apabila terjadi kesalahan atau memalsukan data atau anda tidak mencapai target yang telah ditentuntukan penyelenggara Bidik Misi akan dikenakan sangsi sesuai dengan perjanjian mengembalikan dua kali lipat uang yang telah diberikan dari total keseluruhan jadi harap berhati-hati biasanya untuk jenjang S1 diberi target 8 semester untuk menempuh pendidikan untuk jenjang Diploma sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain itu tidak hanya untuk beasiswa Bidik Misi saja, untuk program S2 dan S3 dapat mengikuti program beasiswa yang diberikan kementerian keuangan yaitu LPDP dimana beasiswa LPDP ini memiliki beberapa katagori mulai dari pendanaan pendidikan dalam negeri sampai dengan luar negeri dan pembiayaan daerah 3T serta Beasiswa Presiden, nah berminat mengikuti semua petunjuk pendaftaran yang dimaksud ikuti saja petunjuk yang telah dibahas diatas terima kasih salam sukses untuk kita semua. Apabila terdapat perbedaan informasi dengan situs resmi maka yang digunakan adalah info yang dimuat oleh situs resmi.