Pendaftaran Beasiswa BIDIK MISI 2017-2018

Bidik Misi - Pendaftaran secara Online untuk Bidik Misi khusus Beasiswa tahun 2017-2018 secara Online kapan Pendaftaran dilaksanakan Online situs Bidik Misi simak Pendaftaran web Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Bidik misi merupaakan salah satu program dari kemenristek dikti diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Jika dilihat dari luas wilayah hampir sebagian besar Indonesia adalah daerah terpencil yang jauh dari akses kota, banyak sekali siswa/i terbaik yang ada yang belum mendatkan kesempatan kuliah bahkan lebih parah lagi ada banyak yang belum dapat mengenyam bangku pendidikan. Dari beberapa latar belakang inilah pemerintah melalui Kemenristek Dikti banyak memberikan bantuan pendidikan kepada yang kurang mampu.

Sebelum melanjutkan beberapa informasi yang dimaksud ada baiknya kita melihat beberapa persyaratan untuk peneriman beasiswa bidik misi secara umum, ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam pendaftaran beasiswa bidik misi online untuk lebih jelas simak selengkapnya dikutip dari situs resmi bidik misi beberapa poin persyaratan jika anda tidak memenuhi persyaratan dipastikan anda tidak akan bisa mendaftar Beasiswa Bidik Misi.

Pendaftaran.Net Beasiswa Bidik Misi Online 2017



Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Online 2017.
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2017.
  2. Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi.
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria : a). Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM); b). Pemegang Kartu Pengaman Sosial (KPS) atau sejenisnya ; c). Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per-bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. 
  5. Untuk pekerjaan nonformal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau d). Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya.
  6. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  7. Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.
  8. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan: a). PTN dengan pilihan seleksi masuk: 1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); 2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN); 3) Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN b). PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.
Nah bagi yang berminat dan memenuhi persyaratan sebagai penerima Beasiswa Bidik Misi anda bisa mendaftarkan diri melalui situs resmi BidikMisi.Dikti.go.id jika sudah dibuka ada beberapa langkah yang bisa anda ambil seperti membuat akun kemudian pilih jalur seleksi yang anda inginkan, hanya saja setiap jalur masuk memiliki persyaratan pendaftaran yang berbeda berikut admin akan berikan beberapa jalur seleksi yang bisa anda ikuti untuk seleksi Beasiswa Bidik Misi.


1. Jalur Seleksi Beasiswa Bidik Misi SNMPTN.

Seperti kebanyakan jalur masuk lain SNMPTN juga berkordinasi dengan Beasiswa Bidik Misi dimana sistem seleksi menggunakan hasil rapot verifikasi, secara umum SNMPTN merupakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri dengan menggunakan jalur undangan, bagi yang berminat mendaftar beasiswa bidik misi jalur ini diharapkan mendapatkan rekomendasi dari sekolah jika tidak sulit bagi siswa/i bersangkukan untuk mengikuti pendaftaran Beasiswa Bidik Misi SNMPTN. Untuk pendaftaran dilaksanakan melalui Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian daftarkan diri melalui SNMPTN.ac.id selanjutnya verifikasi.


2. Jalur Seleksi Beasiswa Bidik Misi SBMPTN.

SBMPTN merupakan seleksi Bersama masuk perguruan tinggi negeri menggunakan sistem seleksi Tertulis nah untuk jalur ini bisa mendaftar secara mandiri, apalagi jika anda tidak mendapatkan rekomendasi untuk jalur sebelumnya, anda bisa mengikuti SBMPTN, jika pendaftaran dilaksanakan melalui Online Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian SBMPTN.or.id lalu verifikasi pada saat pendaftaran sebagai peserta bidik misi yang ikut seleksi SBMPTN.


3. Jalur Seleksi Bidik Misi PTN Mandiri.

Jika anda tidak memiliki kesempatan seleksi Bidik Misi melalui jalur nasional seperti diatas maka anda bisa ikut seleksi Bidik Misi melalui jalur seleksi lokal dimana seleksi ini mengikuti seleksi lokal untuk PTN tujuan untuk pendaftaran silahkan akses situs resmi PTN yang dipilih kemudian jangan lupa untuk mendaftar terlebih dahulu melalui Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id selanjutnya sama jangan lupa verifikasi pendaftaran.


4. Jalur Seleksi Bidik Misi PTKIN.

PTKIN merupakan singkatan perguruan tinggi keagamaan islam negeri dimana bidik misi juga mengikuti seleksi ini ada dua jalur yang tersedia beasiswa Bidik Misi seleksi SPAN PTKIN dan beasiswa bidik misi seleksi UM PTKIN, pendaftaran akan dilasanakan melalui situs resmi span-ptkin.ac.id dan um-ptkin.ac.id tidak lupa terlebih dahulu pendaftaran dilakukan melalui situs BidikMisi.Dikti.go.id barulah pilih sata satu baik undangan maupun tertulis PTKIN.


5. Jalur Seleksi Bidik Misi PTS.

Meski tidak semua bidik misi bekerjasama dengan perguruan tinggi swasta tetapi beberapa PTS ternama ikut ambil bagian dalam penyelenggaraan beasiswa dari pemerintah ini agar bisa diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi tetapi berprestasi dan kuliah di PTS ternama yang menjalin kerjasama dengan program bidik misi, untuk lebih jelas silahkan akses informasi pendaftaran melalui Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.


6. Jalur Seleksi Beasiswa Bidik Misi PMDK-PN.

PMDK-PN merupakan salah satu seleksi khusus Politeknik negeri dengan sistem seleksi undangan beasiswa bidik misi juga berkerjasama dengan seleksi satu ini untuk penerimana akan dilaksanakan melalui online hanya saja jika anda mengikuti seleksi jalur ini berarti anda ingin mendaftar Politeknik Negeri yang ada di Indonesia untuk pendaftaran dilaksanakan melalui situs BidikMisi.Dikti.go.id kemudian verifikasi pendaftaran melalui PMDK.Politeknik.or.id dan lakukan pendaftaran dan pilih program beasiswa bidik misi yang diinginkan. 

Jika anda berminta tentu harus mengecek kapan pelaksanaan pendaftaran yang dimaksud dibuka secara keseluruhan kemudian untuk pendaftaran yang sudah dibahas akan disampaikan sesuai jadwal yang dimuat berikut ini beberapa informasi pendaftaran yang telah disebutkan sebelumnya penerimaan pendaftaran dan jadwal lengkap dari setiap seleksi yang telah dijelaskan diatas simak selengkapnya.

Jadwal Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2017

# Nama Kegiatan Dibuka Ditutup
1 Pendaftaran Sekolah 01 Februari 01 September
2 Pendaftaran Siswa 01 Februari 01 September
3 SNMPTN 25 Februari 11 Maret
4 SBMPTN 22 April 18 Mei
Keterangan:
Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu


Sistem seleksi bidik misi lah yang akan menentukan anda ikut jalur nasional, mandiri, PTN, atau PTS yang ada pada dasarnya bidik merupakan program beasiswa dari DIKTI diberikan kepada yang berhak melalui beberapa jalur seleksi yang sudah disebutkan secara umum kebijakan ini sama tetapi untuk kebijakan khusus akan dikembalikan pada masing-masing jalur seleksi yang diikuti pendaftaran akan dilasanakan melalui online.

Jika anda berminat mengikuti seleksi Beasiswa Bidik Misi harus melakukan pendaftaran situs resmi BidikMisi.Dikti.go.id kemudian pilih seleksi yang diingikan jika semua sudah benar barulah anda verifikasi pendaftaran pada jalur masuk yang diinginkan sesuai petunjuk pendaftaran untuk lebih jelas ikuti beberapa petunjuk diatas, semoga informasi yang sudah admin berikan bisa memberikan manfaat seperti yang telah dijelaskan.