Pendaftaran Bidik Misi SBMPTN Online 2017-2018

Bidik Misi SBMPTN - Melalui Pendaftaran khusus Bidik Misi SBMPTN simak Pendaftaran secara Online tahun 2017-2018 RistekDikti special Bidik Misi Seleksi SBMPTN. Tentu sudah banyak yang paham mengenai Bidik Misi tetapi pada kesempatan kali ini kita akan fokuskan pada pembahasan mengenai Bidik Misi SBMPTN jadi bagi anda yang berminat mengikuti seleksi SBMPTN bisa simak pendaftaran dibawah ini.

Secara umum Bidik Misi membuka penerimaan siswa baru dari beberapa jalur masuk sebut saja SBMPTN dimana seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri ini bisa diikuti untuk seleksi masuk Bidik Misi, Jika sudah membahas mengenai bidik misi ada beberapa memorial yang mengingatkan kami beberapa tahun dulu sibuk masuk sekolah untuk bisa mengikuti semua seleksi masuk seperti Bidik Misi.

Mulai dari awal tahun sudah menyiapkan beberapa ketentuan pendaftaran dan tentunya yang tidak kalah penting berburu informasi pendaftaran, jadi mungkin nantinya pengalaman kami bisa membantu memudahkan anda dalam proses pendaftaran untuk itu anda harus membaca beberapa ketentuan bidik Misi SBMPTN seperti yang akan dibahas dibawah ini.

Pendaftaran Bidik Misi SBMPTN Online 2017

Bidik Misi merupakan sebuah program beasiswa yang diberikan kemenristekdikti untuk mereka mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki prestasi akademik baik, hanya saja sistem seleksi untuk bidik misi terbagi dalam beberapa seleksi masuk seperti SNMPTN, SBMPTN, PMDK PN, sampai dengan seleksi masuk PTN atau PTS lainnya, pada kesempatan kali ini kita akan fokus pada pembahasan mengenai Pendaftaran bidik Misi SBMPTN Online/

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk seleksi Bidik Misi SBMPTN pertama yaitu mengikuti semua ketentuan seleksi melalui rekomendasi sekolah, atau yang kedua anda bisa mendaftarkan diri secara manual atau mandiri nah kami akan fokus pembahasan pada pendaftaran melalui Mandiri atau Manual dan rekomendasi sekolah untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini tata cara pendaftaran Bidik Misi SBMPTN secara manual. Tahapan pendaftaran Bidikmisi

Tata cara pendaftaran Bidikmisi melalui SNMPTN, SBMPTN, PMDK Politeknik atau Seleksi Mandiri perguruan tinggi secara daring pada laman bidikmisi (belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi) adalah sebagai berikut


Pendaftaran Bidik Misi Melalui Rekomendasi Sekolah.
  • Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi ke laman bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran II bagian persetujuan dan tanda tangan) untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
  • Ditjen Belmawa memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.
  • Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi
  • Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing masing siswa yang sudah direkomendasikan
  • Siswa mendaftar melalui laman bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta didalam sistem pendaftaran.
Jika sudah mencapai tahap ini selanjutnya adalah siswa yang bersangkutan harus mendaftarkan diri melalui seleksi yang dipilih seperti SBMPTN kemudian anda melakukan pendaftaran melalui situs resmi SBMPTN.or.id sampai seleksai baru kemudian melanjutkan pendaftaran seperti yang tertera dibawah ini.

Peserta melakukan pendaftaran melalui situs seleksi kemudian isi semua data pendaftaran yang membedakan peserta bidik misi dengan peserta biasa adalah verifikasi pendaftaran pada seleksi SBMPTN, sedangkan untuk yang bukan peserta bidik misi tidak perlu mengisi formulir pendaftaran ini sebab ini hanya khusus pendaftaran Bidik Misi SBMPTN saja. Untuk proses pendaftaran sampai pada tahap ini saja sebagai tambahan dibawah ini kami akan berikan beberapa kelengkapan berkas setelah peserta dinyatakan Lulus Bidik Misi SBMPTN tentu ini harus dilengkapi semuanya.


Berkas yang harus dilengkapi bagi peserta Lulus.
  1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi;
  2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
  3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (bila ada);
  7. Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Beasiswa Siswa Miskin (BSM), bila ada;
  8. Bagi yang belum mememnuhi syarat poin (g) diatas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
  9. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
  10. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.

Bagaimana sudah cukup jelas jika belum anda juga bisa mengikuti tata cara pendaftaran yang ada pada link lainnya Bidik Misi, selain itu untuk Bidik Misi SBMPTN dikenakan biaya pendaftaran dan langsung melalui bank kerjasama program ini, semoga apa yang telah diberikan bisa memberikan manfaat untuk kita semua, jika ada pertanyaan seputar bidik misi silahkan diskusikan melalui kolom komentar.

Demikianlah info Pendaftaran Bidik Misi semoga bisa memberikan manfaan untuk kita semua sesuai ketentuan yang berlaku, jika kita melihat beberapa info serupa bahwa situs ini hanya berperan dalam menyebarluaskan informasi pendaftaran saja selebihnya kembali pada situs resmi hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi Bidik Misi SBMPTN, bahwa panitia tidak pernah meminta sejumlah uang demi kelulusan lulus atau tidak tergantung kemampuan.