Pendaftaran SBMPTN.ac.id Online 2017-2018

SBMPTN.ac.id simak Pendaftaran melalui Online situs resmi SBMPTN kapan Pendaftaran dilaksanakan Online tahun 2017-2018 melalui Pendaftaran khusus SBMPTN kita simak ketentuannya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pendaftaran Online dan Penerimaan SBMPTN.ac.id sebelumnya situs SBMPTN.or.id berubah menjadi SBMPTN.ac.id.

Ada yang sedikit berubah dari domanin SBMPTN tahun ini, jalur seleksi ini resmi berubah menjadi ac.id memang dari keseluruhan tidak ada yang berubah hanya tampilannya saja sedikit berubah jika dibandingkan dengan sebelumnya seperti kita ketahui Pendaftaran SBMPTN memiliki beberapa ketentuan yang wajib dibahas dan dilihat untuk bisa mengikuti seleksi atau Pendaftaran SBMPTN.

Peserta wajib memenuhi persyaratan pendaftaan yang ada, sesuai ketentuan yang berlaku, tidak begitu banyak persyaratan Pendaftaran yang ada, nah untuk itu kami akan memberikan beberapa informasi akurat mengenai Pendaftaran SBMPTN. Tahun ini menjadi tahun yang berbeda dengan sebelumnya karena tahun ini juga Pendaftaran SBMPTN dibagi dalam 3 tahap PBT dan CBT serta keterampilan.

Pendaftaran SBMPTN.ac.id Online

Sebenanya apa sih PBT dan CBT itu sendiri, dua seleksi masuk ini memang sedikit berbeda dengan sebelumnya karena SBMPTN menggunakan sistem komputerisasi untuk melalukan tes sedangakan sisanya adalah tertulis, ada sedikit kendala untuk sistem seleksi komputerisasi seperti mereka yang tidak mahir komputer akan gugup pada saat mengerjakan.

Sebab tidak terbiasa hal hasil fokus akan buyar dan kinerja otak tidak akan maksimal, untuk menghindari itu semua anda harus mempersiapakan diri dan melatih mengerjakan soal komputer agar nanti saat tes dimulai sudah terbiasa, seperti yang telah dijanjikan pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai Pendaftaran Online SBMPTN.ac.id untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


Persyaratan Pendaftaran Online SBMPTN.
  1.  Ketentuan Umum :
  •  SBMPTN 2017 merupakan seleksi yang dilakukan oleh  PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT) atau menggunakan komputer (CBT), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.
  1. Persyaratan :
  • Pendaftaran : Bagi siswa lulusan tahun 2015 dan 2016  harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi siswa lulusan tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  • Penerimaan : Lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2017, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima. 

Selain Persyaratan Pendaftaran Peserta harus melihat dan mengikuti semua petunjuk pendaftaran yang diajukan oleh SBMPTN sebagai panitia seleksi resmi, dinatarnaya adalah mengikuti semua pendaftaran dan petunjuk baik melalui Petunjuk Video Pendaftaran SBMPTN maupun panduan pendaftaran lainnya untuk melakukan pendaftaran anda harus mengikuti semua ketentuan seperti yang akan dibahas dibawah ini.


Tata Cara Pendaftaran Online SBMPTN.
  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id.  mulai tanggal 18 April 2017.
  3. Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dibuka dari tanggal 25 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan 20 Mei 2017 pukul 22.00 WIB.
Ada yang sedikit berbeda tahun ini Pendaftaran Online SBMPTN dilaksanakan melalui Pendaftaran dan penerimaan baik itu seleksi Tertuli dan Komputer mungkin kalian lulusan tahun ini menjadi yang pertama mencoba sistem baru untuk SBMPTN karena tahun lalu saja belum dilaksanakan pada tahun ini resmi dilkasanakan untuk ujian, diantaranya sebagai berikut.


Jenis Ujian SBMPTN Saat Ini.
  1. Ujian Tertulis (PBT atau CBT)
  2. Materi Ujian Tertulis terdiri atas:
  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
  1. Ujian Keterampilan
  2. Ketentuan Ujian Keterampilan sebagai berikut.
  • Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik.
  • Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.
SBMPTN terbagi dalam beberapa jenis kelompok ujian dinataranya Pendaftaran melalui beberapa sistem kelompok ujian setidaknya ada 3 jenis ujian yang bisa anda ikuti berdasarkan ketentuan yang berlaku secara keseluruhan sesuai ketentuan yang berlaku untuk lebih jelas kita akan membaginya dalam beberapa kelompok dibawah ini.


Kelompok Ujian SBMPTN. 
  1. Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:
  • Kelompok Ujian Saintek  dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  • Kelompok Ujian Soshum  dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  • Kelompok Ujian Campuran  dengan materi ujian  TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.
Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran. Khusus untuk peserta CBT hanya dibolehkan mengikuti kelompok ujian Saintek saja atau kelompok ujian Soshum saja
Sebagai peserta Bidik Misi anda wajib memih dan menentukan jumlah pilihan program studi dan kampus bisa berbeda atau sama tergantung keinginan peserta seperti yang kita ketehui bahwa pendaftaran SBMPTN saat ini terbukti bisa memilih maksimal 3 dan minimal satu untuk lebih jelas berikut ketentuan Pendaftaran yang dimaksud.


Kelompok Progam Studi dan Jumlah Pilihan SBMPTN.
  1.  Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
  • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
  • Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.
  1. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  • Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.
  • Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2017, dan jumlah peminat  program studi per PTN tahun 2017 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id mulai tanggal 11 April 2017.

Selain Kelompok Ujian dan beberpa jumlah pilihan program studi anda harus wajib membayar Persyaratan Pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku dalam beberapa kesempatan yang ada seperti yang kita ketahui bahwa peserta SBMPTN wajib membayar uang pendaftaran, berapa dan pembayaran melalui mana itu sudah menjadi sebuah ketentuan untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


Biaya Seleksi dan Ujian Tertulis dan Keterampilan SBMPTN.
  1. Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).
  2. Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui salah satu bank berikut ini: Bank Mandiri atau Bank BNI.
  3. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jika anda sudah melakukan pendaftaran yang dilaksanakan secara online nantinya pembayaran dilakukan pada Bank yang sudah ditetapkan selain dari pada itu peserta wajib mengecek jadwal tes kapa dan dimana sesuai dengan proses mekanisme pendaftaran yang ada dari awal sampai selesai untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


Jadwal Ujian SBMPTN.
  1. Jadwal  Ujian Tertulis 
  • Ujian tertulis baik untuk Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dilaksanakan secara serentak pada tanggal 31 Mei 2017
  1. Jadwal Ujian Keterampilan
  • Ujian  Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 1 dan/atau 2 Juni 2017.

Nah bagi anda peserta Bidik misi ini merupakan tambahan beberapa ketentuan yang harus juga anda ikuti sebagai salah satu peserta untuk itu kalian akan mengikuti semua penerimaan dan pendaftaran seperti yang ada pada situs resmi untuk lebih jelas kami akan memberikan tetapi yang menjadi catatan adalah ini merupakan salah satu panel pendaftaran yang dilaksanakan sesuai ketentuan berlaku untuk lebih jelas Peserta Bidik misi bisa lihat ketentuan dibawah ini.


Khusus Peserta Pelamar Program Beasiswa Bidik Misi SBMPTN.
  1. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman: http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.
  2. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.
  3. Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN 2017 namun berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN 2017, maka calon peserta harus mendaftar SBMPTN 2017 melalui http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan menggunakan KAP  dan PIN yang diperoleh dari sistem Bidikmisi Kemristekdikti untuk mencetak slip pembayaran guna membayar biaya seleksi SBMPTN 2017 ke Bank Mandiri atau Bank BNI.
  4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN 2017, dapat menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki untuk mendaftar SBMPTN 2017 tanpa harus membayar biaya seleksi.

Jika anda sudah mengikuti semua petunjuk pendaftaran yang ada langkah selanjutnya adalah mengikuti semua prosedur yang ada, untuk info pendaftaran SBMPTN sudah secara lengkap dibahas diatas selanjutnya adalah Pengumuman SBMPTN yang akan dilaksanakan Hasil ujian akan diumumkan pada hari Selasa, 28 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Bagaimana dari beberapa informasi yang sudah dibahas sebelumnya dapat disimpulakan bahwa Pendaftaran SBMPTN.ac.id Online dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku untuk itu anda harus mengikuti semua petunjuk pendaftaran yang ada, seperti yang telah diuraikan diatas selain dari pada itu untuk bisa mengikuti semua seleksi masuk SBMPTN anda juga harus membayar biaya pendaftaran dan mengikuti seleksi baik tertulis, komputer, maupun keterampilan.

Demikianlah informasi Pendaftaran semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua, jangan sampai ketinggan untuk akses semua ketentuan Pendaftaran lainnya apabila terdapat kesalahan informasi atau perbedaan dengan situs resmi maka yang digunakan adalah pendaftaran pada situs resmi SBMPTN terima kasih semoga memberikan manfaat untuk kita semua.