Pendaftaran SBMPTN Reguler Non Bidik Misi 2017-2018

SBMPTN - Info Pendaftaran secara Online untuk SBMPTN melalui Reguler non Bidik Misi untuk Pendaftaran melalui Online khusus SBMPTN tahun 2017-2018 simak Reguler non Bidik Misi lengkap Pendaftaran. Seperti biasa pada kesempatan kali ini kita akan membahas tata cara pendaftaran SBMPTN Reguler Non Bidik Misi melalui Gambar untuk lebih jela simak selengkapnya dibawah ini.

Memang menarik untuk kita bahas penyelenggaran SBMPTN tahun ini mengalami beberapa perubahan mulai dari sistem ujian komputer sampai dengan kenaikan uang pendaftaran, hanya saja bagi sistem komputer tidak begitu terkejut jika sekolah anda sudah menggunakan sistem ujian komputer sebelumnya pada saat UN. tetapi bagi yang belum pernah memang sedikit bingung untuk pertama kali.

Lepas dari itu semua penyelenggaraan SBMPTN memang menjadi sebuah ajang pembuktian diri apakah seseorang dinyatakan pantas untuk menjadi terbaik atau malah sebaliknya, semua itu tergantung dari hasil tes yang akan anda ikuti nantinya. SBMPTN merupakan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri dimana untuk bisa mengikuti ini anda harus mengikuti proses pendaftaran yang cukup panjang.

Terlebih bagi peserta yang baru pertama kali ikuti ujian SBMPTN, selain itu SBMPTN bisa menjadi sebuah batu loncatan bagi peserta SNMPTN yang tidak lulus, pasalnya untuk SBMPTN tidak ada istilah seleksi nilai rapot sebab pelaksanaan seleksi dilakukan melalui ujian tertulis sesuai ketentuan yang ada mereka yang dinyatakan lulus SBMPTN dengan nilai ujian tertulis memenuhi passing graide akan lulus.


Tetapi perengkingan tetap akan berlaku dalam proses seleksi, bagaimana apakah anda tertarik mengikuti seleksi SBMPTN, meski tertarik pasti kalian merasa bingung bagaimana cara mendaftaranya dan seperti apa, pada kesempatan kali ini Kuliahan.Com akan memberikan informasi mengenai Petunjuk Pendaftaran SBMPTN Peserta Reguler untuk itu simak selengkapnya.

Bagimana tata cara pendaftaran dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti semua seleksi masuk SBMPTN, ada beberapa tahapan yang harus dilewati mulai dari awal pendaftaran yang dilaksanakan secara Online sampai dengan proses cetak kartu peserta, berikuti ini kami berikan informasi lengkapnya untuk anda.


Petunjuk Pendaftaran SBMPTN Non Bidik Misi

Peserta Reguler SBMPTN.

Bagi anda yang ingin mengikuti SBMPTN peserta Reguler dapat memenuhi semua ketentuan calon peserta SBMPTN tidak memenuhi bidik misi, peserta bidik misi tidak mengikuti dan mempermanen Data Bidik misi,  Peserta SBMPTN harus mendaftaran diri melalui situs https://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Ketentuan Pendaftaran seperti dibawah ini.

Pendaftaran KAP dan PIN SBMPTN.

Bagi anda peserta SBMPTN bukan Bidik Misi bisa mendaftar dan mengklik panel pertama pada situs resmi dan memilih Pendaftaran SBMPTN Non Bidiik Misi seperti pada gambar berikut ini.


Anda dapat mengklik tombol paling kiri yang ada pada situs resmi pendaftaran.sbmptn.ac.id secara online kemudian ikuti semua petunjuk lanjutan pendaftaran KAP dan PIN.


Isikan nama lengkap sesuai dengan ijasah kemudina tanggal lahir anda dan isi juga kode verifikasi CAPTCHA yang tertera pada lampiran portal tersebut dapat dilihat pada gambar diabwah ini.

Selanjutnya untuk proses pendaftaran KAP dan PIn ditampilkan laman sip pembayaran yang berisi kode Pembayaran, KAP, dan PIN seperti pada panduan gambar berikut.

Pembayaran Biaya Seleksi SBMPTN.

Untuk Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Mandiri atau Bank BNI pembayaran paling lambar dilakukan 3x24 jam setelah melalukan pendaftaran, jangan lupa pada saat melakukan pembayaran berikan kode Pembayaran anda. Nantinya setalah melakukan proses pendaftaran anda akan mendapatkan KAP dan PIN untuk melakukan Pendaftaran. Harap merahasiakan PIN dan KAP.

Login SBMPTN.
 
Setelah melakukan Pembayaran, Calon Peserta harus login dilaman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id seperti yang tertera pada gambar.

Proses selanjutnya hampir sama dengan anda login pertama kali, selanjutnya klik bagian paling kanan untuk melakukan Pendaftaran lanjutan tertera seperti pada gambar dibawah ini.

Isikan KAP dan PIN yang tertera paa slip pembayaran untuk KAP sebanyak 12 digit dan PIN 16 digit, isi juga kode CAPTCHA dengan kode yang ada klik untuk menyetujui laman berikutnya seperti yang tertera pada gambar berikut.
Unggah Pasfoto SBMPTN.

Setelah login, calon peserta harus meng-ungah pasfoto dirinya yang terbaru setidaknya 3 bulan terakhir, kemudian pasfoto yang diunggah harus memenuhi syaratn dan ketentuan yang berlaku.


Pada saat upload pasfoto anda bisa melakukan penyesuaian sampai sesuai denagn yang diinginkan seperti ukuran maupun jenisnya seperti pada gambar dibawah ini.

Pengisian Biodata SBMPTN.

Pada tahap ini anda harus isikan biodata sesuai yang diminta pada formulir pendaftaran dan sesuai dengan identitas pendaftaran jangan lupa untuk klik selanjutnya seperti pada gambar dibawah ini.


Pengisian Informasi Pendidikan SBMPTN.

Isikan informasi pendidikan pada laman ini, data yang diisikan pada laman ini mempengaruhi program studi yang dapat dipilih pada laman berikutnya untuk melanjutnya klik berikutnya atau klik keluar untuk proses berikutnya seperti pada gambar.


Pilihan Lokasi Ujian dan Program Studi SBMPTN.

Pada tahap ini anda harus menyesuaikan Panlok tempat mengikuti ujian dan jika ingin mengikuti ujian CPBT maka harus memilih Panlok PTN yang menyelenggarakan ujian CBT hanya saja sifatnya terbatas, untuk pemilihan lokasi anda bisa mengikuti semua petunjuk pendaftaran seperti pada gambar beriktu.


Konfirmasi Data SBMPTN.

Sebelum kompirmasi data pastikan semua data yang diisi pada laman ini sudah benar, termasuk pasfto kemudian pada tahapan kompirmasi data anda tidak akan dapat mengganti isi data anda bersifat permanent kemudian  klik berikutnya untuk kompirmasi data seperti dibawah ini.


Pilihan Jenis Ujian SBMPTN.

Jika pilihan prodi semuanya saintek atau semaunya soshum bukan campuran dan Panlok yang dipilih mengenggarakan CBT dan masih ada tempat CBT yang tersisa, maka akan masuk ke laman pilihan jenis ujian serta dapat memilih jenis ujian yang diingankan. Anda juga bisa memilih ujian PBT pada pemilhan jenis ujian ini jika sudah selesai anda bisa mencetak katu seperti berikut ini.



CBT Habis SBMPTN.

Jika memilih CBT namun tempat tersedia di Panlok tersebut sudah habis (diambil peserta lain) maka akan masuk ke laman pilihan berikutnya seperti pada gambar dibawah ini.


Kartu CBT SBMPTN.

Jika tempat CBT masih tersedia di Panlok yang dipilih, maka akan masuk ke laaman kartu CBT klik keluar dan mengakhiri proses pendaftaran untuk selesai seperti pada petunjuk berikut.



Contoh Kartu CBT SBMPTN.

Ini merupakan contoh kartu CBT yang sudah di download jangan lupa untuk mencetak, bagi peserta yang sudah memiliki kartu CBT tidak perlu lagi mendaftar PBT. Proses ini sudah selesai untuk peserta CBT.


Kartu PBT SBMPTN.

Jika peserta memilih PBT  makan akan ditampilkan laman PBT dan ikuti semua petunjuk pendaftaran sampai selesai seperti pada gambar berikut ini.


Contoh Kartu PBT SBMPTN.

Sampai pada proses ini anda akan menentukan dan mencetak kartu peserta kemudian mengikuti semua seleksi berikut contoh kartu PBT seperti dibawah ini secara lengkap. jika anda sampai proses ini maka pendaftaran SBMPTN sudah selesai.



Dari beberapa informasi pendaftaran SBMPTN diatas maka dapat disimpulan ini merupakan tata cara pendaftaran SBMPTN bukan Bidik Misi atau SBMPTN Reguler memiliki beberapa ketentuan seperti melakukan pendaftaran secara online, melakukan pembayaran Pendaftaran, memilih program studi memilih lokasi ujian, memilih tes baik CBT maupun PBT kemudian cetak kartu peserta.

Semua itu memang tergolong panjang tetapi tidak sulit untuk diikuti selanjutnya pendaftaran ini dilaksanakan sesuai ketentuan situs resmi pendaftaran.SBMPTN.ac.id secara online, jika semua sudah dilalu tinggal ikuti seleksi pada waktu yang telah ditetapkan bagi peserta SBMPTN disarankan untuk cek lokasi ujian sehari sebelum tes dilaksanakan tujuannya memudahkan anda dalam proses seleksi supaya pada saat tes tidak cari-cari tempat lagi.

Biasanya ada banyak orang diluar sana berbondong-bondong dalam suatu wilayah pada saat sehari sebelum tes SBMPTN berlangsung mengecek tempat tes SBMPTN, ramai dan lumayan seru, meski berbeda untuk CBT dan PBT tempatnya tetapi secara keseluruhan sama. Demikianlah semoga bisa memberikan manfaat bagi anda peserta SBMPTN selamat mencoba terima kasih.